Perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

Meskipun perawatan-perawatan rambut yang ditawarkan salon-salon kecantikan hampir mirip manfaatnya, namun semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Dan sebelum membahas mengenai perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenali lapisan-lapisan rambut.

Lapisan rambut terdiri dari Kutikula, Korteks dan Medulla. Lapisan Kutikula merupakan lapisan paling luar rambut dan berfungsi melindungi lapisan di bawahnya dari kekeringan serta kerusakan. Kutikula bisa rusak akibat gesekan mekanis, misalnya saat anda menyasak rambut, juga akibat penggunaan bahan bersifat basa seperti shampo atau pengeritingan rambut.

Lapisan kedua, korteks, di mana lapisan ini sebagian besar terdiri dari pigmen rambut dan rongga-rongga udara. Lapisan korteks merupakan lapisan lunak sehingga mudah dirusak oleh bahan kimia yang dipakaikan ke rambut. Semua proses penataan rambut yang menggunakan zat kimia berlangsung di lapisan ini, termasuk pewarnaan rambut.

Lapisan ketiga atau terdalam ialah lapisan medulla. Lapisan ini hanya terdapat pada rambut yang tebal, sedangkan pada rambut pirang dan rambut tipis umumnya tidak memiliki lapisan medulla. Pengenalan lapisan-lapisan pada rambut ini nantinya dapat membantu anda menentukan perawatan rambut apa yang anda butuhkan.

Creambath misalnya, perawatan rambut ini hanya berfungsi pada lapisan Kutikula, sehingga bagi anda yang sering melakukan proses kimia pada rambut misalnya rebonding, perming, atau colouring, maka Creambath kurang maksimal hasilnya. Hal ini di karenakan krim Creambath hanya berfungsi di Kutikula dan tidak mencapai bagian Korteks. Namun bagi anda yang menginginkan treatment sambil dipijat, perawatan rambut satu ini cocok bagi anda.

Perawatan rambut Hair Mask, memiliki fungsi untuk mengobati kerusakan rambut yang terjadi pada lapisan Korteks. Bagi anda yang suka melakukan proses kimia pada rambut, perawatan rambut jenis ini sangat dianjurkan. Hair Mask biasanya tidak diikuti dengan proses pemijitan seperti pada Creambath. Hair Mask juga tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi pada kulit kepala, seperti rambut berminyak dan ketombe.

Hair Spa dibutuhkan jika rambut anda masih mengalami pecah-pecah serta kering walaupun anda cukup rajin melakukan Creambath. Tingginya tingkat polusi dan stres memang tidak cukup diatasi dengan Creambath. Hair Spa dibutuhkan untuk membuat rambut “bernapas” kembali, lebih sehat, lembut serta mendapatkan nutrisi yang cukup.

Perawatan Hair Spa ini dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi rambut menjadi lebih baik lagi, cocok bagi anda pemilik rambut kering, berminyak dan mengembang. Hair Spa memiliki kelebihan, di antaranya melembutkan tekstur rambut sehingga dapat mengembang lebih indah. Memberikan asupan nutrisi khusus sehingga rambut lebih lembab.

Bagi anda pemilik rambut kering, pilihlah Hair Spa dengan vitamin yang mampu membuat rambut lebih bercahaya. Dan bagi anda yang memiliki rambut tipis dan lemas, sebaiknya hindari perawatan Hair Spa. Sifatnya yang melembutkan, hanya akan membuat rambut tipis anda semakin lepek dan “jatuh”.

Semoga perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa ini dapat membantu anda memilih jenis perawatan rambut yang tepat.

sumber:
Artikel melindacare
(MELINDA Hospital, Bandung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s